13 Fotografi Terbaik Jurnalistik (pulitzer)

Penghargaan Pulitzer (bahasa Inggris: Pulitzer Prize ; (ejaan Inggris: [ˈpʊlɨtsər])) adalah penghargaan yang dianggap tertinggi dalam bidang jurnalisme cetak di Amerika Serikat. Penghargaan ini juga diberikan untuk pencapaian dalam bidang sastra dan gubahan musik. Penghargaan Pulitzer pertama diberikan pada 4 Juni 1917, dan sejak beberapa waktu lalu, mulai diumumkan setiap tahunnya pada bulan April.

Penerima penghargaan ini dipilih oleh sebuah badan independen yang secara resmi diatur oleh Columbia University Graduate School of Journalism (Sekolah Jurnalisme Universitas Columbia) di Amerika Serikat. Penghargaan ini diciptakan oleh Joseph Pulitzer, seorang jurnalis dan penerbit surat kabar Hungaria-Amerika pada akhir abad ke-19.

Penghargaan diberikan dalam kategori-kategori yang berhubungan dengan jurnalisme, kesenian dan surat-surat. Hanya laporan yang diterbitkan dan foto-foto hasil karya surat kabar atau organisasi berita harian yang berbasis di Amerika Serikat saja yang berhak menerima penghargaan jurnalisme.

Berikut adalah 13 Fotografi yang mendapat penghargaan dari Pulitzer

1. Viet Cong ataupun secara penuhnya Viet Nam Cong San (Komunis Vietnam) adalah nama panggilan untuk seorang rakyat vietnam yang menyokong Barisan Pembebasan Kebangsaan (National Liberation Front) di Vietnam Selatan. Gambar yg sangat terkenal. Nguyen Ngoc Loan kepala polisi Vietnam Selatan mengeksekusi mati seorang pemuda yg diduga sebagai Vietcong. Gambar ini memenangkan hadiah pullitzer.

2. Gambar terkenal lainnya yg diambil tahun 1930. 2 orang pemuda afro american yg dituduh memperkosa wanita kulit putih dan membunuh pacarnya, diambil secara paksa oleh gerombolan massa kulit putih yg marah. Mereka lalu digantung.

3. Little Rock ’s Central High adalah saksi dari peristiwa ini. untuk pertama kalinya seorang pemudi afro american mengikuti SMU yg selama ini hanya menerima siswa kulit putih. Hari pertamanya di sekolah diwarnai intimidasi dan ejekan. dia hanya bertahan sekolah selama 4 hari.

4. “The Tank Man“, gambar seorang mahasiswa yang berdiri membisu di depan tank-tank pemerintah RRC yang akan menumpas demonstrasi mahasiswa di lapangan Tia Nanmen.

5. Thích Qu?ng Ð?c, seorang pendeta Buddha dari Vietnam membakar dirinya sendiri hingga tewas dalam rangka protes kepada pemerintah. Semua yang hadir dan menyaksikan aksi ini terheran-heran karena si pendeta selama aksi membakar dirinya tidak tampak kesakitan dan menjerit2. Ia tetap duduk diam dalam Lotus Pose hingga menjadi abu.

6.Tragedi untuk mengakhiri tragedi. Bom atom yg dijatuhkan Allied Force di Nagasaki untuk mengakhiri Perang Dunia II

7.Albert Einstein si jenius abad 20 termasuk sosok yg jenaka. Foto ini adalah buktinya

.

8.US Marine menancapkan bendera Amerika di Iwo Jima. ini foto amat terkenal.

9. 1932. Pekerja konstruksi di New York makan siang bersama di ketinggian GE Building at Rockefeller Center.

10. Tragedi terkenal lainnya dari perang Vietnam. “The Napalm Girl”. Kim Phúc (lahir 1963) pada umurnya yg ke-9 terkena serangan bom Napalm dari pasukan Amerika. Ia berlari telanjang sambil menangis.

11. Sudan – 1993. Gambar yg sangat mengerikan ini memenangkan hadiah Pulitzer. Seekor burung pemakan bangkai menunggu dengan sabar seorang bayi yg berjuang untuk bertahan hidup. Fotografernya bunuh diri tidak lama setelah menerima hadiah tsb (1994)

12. “The Falling Man” diambil dari tragedi 9/11.

13. Kamp konsentrasi di Buchenwal.


sumber : kapanlagi.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s