DASAR MANAJEMEN DAN BISNIS

MANAJER DAN ORGANISASI

Organisasi dan Manajer
Pengertian Organisasi
=> Kelompok orang (dua atau lebih) yang bekerjasama dengan terkoordinasi, dengan cara yang terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu.
=>Manfaat Organisasi
  • Melayani Masyarakat
  • Mencapai Tujuan Tertentu
  • Memberi Karir
  • Memelihara Ilmu Pengetahuan
=>Kaitan antara Organisasi dengan Manajer
  • Manajemen (Mary Parker Follet): Seni mencapai sesuatu melalui orang lain.
  • Manajer: Orang yang melakukan kegiatan manajemen
Proses Manajemen
=> Perencanaan (Planning)
  • Menetapkan tujuan organisasi dan memilih cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.
=> Pengorganisasian (Organizing and Staffing)
  • Mengkoordinir sumber daya, tugas, otoritas, diantara anggota organisasi agar bekerja untuk mencapai tujuan organisasi.
=> Pengarahan (Leading)
  • Mengarahkan, mempengaruhi, dan memotivasi anggota organisasi agar bekerja untuk mencapai tujuan organisasi.
=> Pengendalian (Controlling)
  • Memastikan kegiatan organisasi sesuai dengan rencana.
=> Proses Manajemen Dalam Praktek
  • Tidak harus dilakukan secara berurutan, fungsi-fungsi tsb dapat dilakukan melompat-lompat atau bahkan dilakukan secara simultan.
Jenis-jenis Manajemen
=> Berdasarkan Hirarki
  • Manajemen Puncak
  • Manajemen Menengah
  • Manajemen Tingkat Bawah
=> Berdasarkan Fungsi
  • Manajer Umum
  • Manajer Fungsional
=> Tingkatan dan Keterampilan Manajemen
  • Manajer Puncak –> Keterampilan Konseptual.
  • Manajer Menengah —> Keterampilan Konseptual & Teknis berimbang.
  • Manajer Tingkat Bawah —-> Keterampilan Teknis.

Ketiga manajer membutuhkan keterampilan hubungan manusiawi yang sama besarnya

=> Keterampilan Analitis dan Konseptual
  • Keterampilan Analitis —>  memecah persoalan ke dalam bagian yang lebih kecil, dan kemudian memberi solusi untuk masalah tsb.
  • Keterampilan Konseptual —>  merumuskan masalah menjadi sebuah acuan yang menyeluruh.
Peranan Manajerial (Managerial Role)
=> Peranan Hubungan Manusiawi (Interpersonal Roles)
  • Mencakup tiga peranan: peranan figur bapak, peranan pimpinan, dan  peranan penghubung.
=> Peranan Informasi (Informational Roles)
  • Mencakup tiga peranan: monitor, desiminasi/penyebaran, dan juru bicara.
=> Peranan Pengambilan Keputusan (Decision Roles)
  • Mencakup empat jenis peranan: kewirausahawan, penyelesai gangguan, pembagi sumber daya, dan perunding.
Menjadi Manajer yang Sukses
=> Tidak ada formula pasti; tetapi manajer yang efektif tidak lepas dari:
  • Pendidikan
  • Pengalaman
  • Visi
  • Etika
  • Dimensi Internasional

SUMBER :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s