Etika Bisnis

Etika dalam Organisasi
–Studi mengenai hak dan kewajiban seseorang, mengenai aturan moral yang digunakan orang dalam pengambilan keputusan, dan karakteristik hubungan antar manusia.
  • Tingkat individu
  • Kebijakan internal
  • Stakeholders
  • Masyarakat

Pembentukan Nilai Etika
–Pengaruh Keluarga
  • Keluarga yang berperilaku etis akan mendorong seorang individu berperilaku lebih etis.

–Pengaruh Faktor Situasional
  • Situasi dapat mempengaruhi perilaku etis/tidak etis.
–Nilai, Moral, dan Agama
–Pengalaman Hidup
–Pengaruh Teman
Etika dalam Organisasi
–Hubungan organisasi dengan karyawan
–Hubungan karyawan dengan organisasi
–Hubungan organisasi dengan pihak luar
Argumen Pro dan Kontra terhadap Tanggung Jawab Sosial
–Argumen Pro: bisnis merupakan anggota masyarakat karena itu berkepentingan terhadap kemajuan dan kebaikan masyarakat.
–Argumen Kontra: biaya tanggung jawab sosial cukup tinggi sehingga akan mendorong harga yang lebih tinggi.
Pendekatan Terhadap Tanggung Jawab Sosial
–Penghindaran sosial
–Kewajiban sosial
–Respon sosial
–Kontribusi sosial
Manajemen Tanggung Jawab Sosial
–Menggabungkan perencanaan sosial ke dalam perencanaan tahunan, mengorganisir kegiatan sosial, dan melakukan pengendalian sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s