Teringat Dosen…

Perdagangan bebas tahun 2015 menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian pekerja Indonesia. Teringat kata dosen yang mengatakan bahwa Indonesia saat ini memiliki fenomena terbuai dalam pekerjaan santai.

Terlalu santai akan membuat kita terpuruk di perdagangan bebas nanti. Ekspatriat akan berdatangan ke Indonesia dan merebut posisi posisi strategis di dalam perusahaan dimana apabila kita tidak bisa bersaing maka akan menjadi budak di negeri sendiri.  Seharusnya pemuda pemudi Indonesia mempersiapkan diri  sedini mungkin untuk mengantisipasi hal ini.

Berkaca pada negara tetangga, sebut saja Malaysia, kita masih tertinggal jika bicara bahasa asing. Malaysia yang  katanya serumpun dengan bangsa Indonesia mampu menjadikan Bahasa Inggris sebagai second language di negeri jiran itu. Bagaimana dengan kita?

Sumber daya manusia yang banyak memang baik, namun harus dibarengi dengan skill yang juga baik. Indonesia sendiri memiliki sumber daya manusia yang luar biasa, sayangnya pemerintah tidak terlalu memperhatikan generasi muda yang terus tergerus oleh arus dunia luar yang membuat mereka tidak ramah dengan ilmu pengetahuan dan justru ramah dengan narkoba, free seks, rokok (bahkan aku pernah melihat anak SD tengah merokok dengan asyiknya) dsb, Rakyat justru melihat dengan jenuh berbagai bagai kasus korupsi yang terungkap ke permukaan media.  Menyedihkan memang. Aku hanya berfikir, apa kabar Indonesia jika di tahun 2015 nanti, ekspatriat yang berasal dari luar negeri sana  yang mungkin di bekali kemampuan dalam bidang2 tertentu mengeruk keuntungan dari bekerja di Indonesia? Bagaimana dengan sumber daya manusia di Indonesia?? Bagaimana dengan saya??

 

Apakah akan menjadi sarjana S1 akuntansi yang hanya menjadi bawahan bule2/ekspatriat asia yang lain??

Mungkinkah bule2 itu menjadi bawahanku nanti? mungkin saja, jika aku dan kamu mempersiapkan diri untuk menghadang mereka agar kita bisa tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Semangat! Mari ubah kebiasaan santai dengan serius meraih tingkat kualitas yang tinggi agar mampu bersaing di negeri sendiri, bahkan negeri orang lain.. !!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s