Menilik Aktivitas “Pengganggu” di Gereja

Ada beberapa aktivitas yang menurutku menjadi gangguan-gangguan kecil ketika kita beribadah di gereja. Salah satunya mungkin hal yang udah pernah kita lakukan tanpa sengaja. Check this out!!!😀

  1.  Membiarkan anak berlari sana sini sambil berteriak teriak : Sebenernya sih sah sah saja jika seorang ibu membawa anaknya ke gereja. Cuma jadi ga sah (lho kaya mau merit. hehe ) kalau sang ibu membiarkan sang anak berlari kesana kemari sehingga mencuri perhatian dari jemaat. Bahkan yang lebih ekstrem suara sang anak bisa lebih terdengar menarik  dari pada suara Tuhan yang disampaikan Pendeta.  Misalnya, sang anak berteriak sambil bernyanyi rock, begitu.😀
  2. Membiarkan anak makan di dalam gereja : Kejadian ini terjadi tepat dihari Minggu lalu pada saat aku sedang serius seriusnya mendengar Pak Pendeta berkhotbah dalam bahasa batak. Sudah aku tidak terlalu paham akan isi kothbah yang berbahasa batak itu, Semakin tidak paham karena tiba tiba aku menghirup aroma mie goreng di hidung mancung ku ini disaat aku belum sarapan pagi. (oke, dilarang komentar!). Rasanya pengen cepet cepet pulang dan makan sebanyak banyaknya. Betapa berdosanya diriku dan anak itu yg sudah membuatku berdosa. hehehe
  3. Memakan permen dan membuang bungkusnya sembarangan : Nah ini dia nih yang sering dilakukan beberapa temanku. Menurutku kebiasaan makan permen pada saat ibadah bukan lah kebiasaan yang baik, aku sendiri selalu berusaha menghindari kebiasaan ini walaupun kuakui sesekali tak bisa menolak permen yang diberikan oleh teman. Bayangin aja, Tuhan lagi ngomong ke kita, ngasih tau apa saja hal yang patut kita lakukan, eh kita malah mengunyah permen, apalagi permen karet. Kesannya kita bilang kaya gini ke Tuhan “Aduuhh, Tuhan ngomong apa sih??! Bisa dipercepat ga??!” ( maaf kalau ada yg merasa tersindir) :p
  4. Sudah datang terlambat, maunya duduk di depan : Hayoo ngaku siapa yang pernah seperti ini??? Jika memang ingin duduk didepan, lebih baik kita datang lebih awal, atau sebelum ibadah dimulai. Jika ibadah sudah dimulai jauh sebelum kita datang, lebih baik duduk dibangku paling belakang, walaupun deretan bangku depan masih bisa kita isi. Kenapa??? selain mungkin di cap ga tau diri oleh jemaat lain, kita tentu saja menyita sedikit perhatian dari jemaat yang sedang beribadah. Kalau telatnya masih 5 menit mungkin bisa dimaklumi, kalau telatnya 1 jam??? hehehe :p
  5. Adanya Pria yang Tampan atau Wanita yang Cantik :  Percaya ga kalau ada pria tampan atau wanita cantik bisa berpengaruh dan mengganggu kita dalam beribadah?? Kalau aku sih ga terlalu berpengaruh. Tapi kalau ada orang yang aku suka, aku pasti terganggu. Karena bukannya memperhatikan pendeta, aku akan memperhatikan gerak gerik orang yang aku suka. Tidak perduli bahwa hanya rambut nya saja yang terlihat dari belakang.😀
  6. Adanya suara-suara aneh : contoh suara aneh yang aku maksud adalah suara kentut, suara orang menarik ingus, atau bahkan suara handphone esia yang bunyi nya luar biasa berisik pada saat ibadah sedang dalam keadaan sunyi.😀
  7. Menyusui di dalam ruang ibadah :  Nah ini dia nih… Kalau memang ingin menyusui anak, alangkah indahnya jika seorang ibu memilih diluar untuk melakukannya. Karena baik pria maupun wanita, terkadang risih bila melihatnya walaupun itu tergolong aktivitas normal.😉
  8. Mengobrol  : Mendengar orang lain mengobrol dengan suara berisik sambil cekakak cekikik dari awal sampai khotbah selesai itu menyebalkan! Daripada membuat orang lain kesal dan menjadi berdosa karena kita membuat keributan, lebih baik kita mengobrol diluar saja supaya tidak mengganggu yang lain.

Over all, ada baiknya kita benar benar menyediakan waktu bagi Tuhan untuk Dia menyampaikan Firman melalui hambaNya yang berkhotbah. Jesus has already give us 24 hours for a day, 7 days for a week, then 4 week for a month. Masa mendengar FirTu yang cuma 2 jam aja sometimes we couldnt sit nicely sih.. Yuk sama sama belajar menghargai persekutuan kita, sama sama belajar mendengar firman Tuhan dengan baik, agar yang disampaikanNya mampu kita jalani dikehidupan yang luar biasa ini. Gb us🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s